Di Balik Jeruji

Tadi gue pulang lewat jalan Salemba Tengah. Alesannya karena gue ga ada duit di dompet samsek dan harus ambil uang di ATM terderkat di salemba tengah. terus gue mampir di warnet untuk ngeprint (printer gue rusak, sial abis) dan mampir lagi di klengeburger, beli buat makan malam (im eating one right now :p)

ketika gue melanjutkan perjalanan gue yang hampa, gue mendengar sirine mobil. Gue pikir mobil ambulans, karena di sisi jalan satunya ada rumah sakit Thamrin, tapi ternyata mobil tahanan. Bukan mobil, sih, kayak bus kapasitas 25 orang, tepatnya. Gue ga ngerti kenapa tahanan harus dibawa cepet2 sampe nyalip sana-sini di jalanan kecil yang hectic itu, tapi itu pertama kalinya gue bener-bener melihat dan memperhatikan wajah-wajah di balik jeruji.

Semua tangan mereka memegang jeruji-jeruji besi itu dan walaupun gue ga melihat seperti apa pandangan mereka (karena busnya cepet banget) gue tahu persis: pandangan kosong dan hampa. Sesorean (sebenernya seharian sih, sejak kemaren malem, persis jam segini) ini gue merasa sangat kesal terhadap… semuanya (walaupun ada hal-hal tertentu yang menjadi triggernya). Gue ngerasa pingin marah, nangis, melampiaskan semuanya.

tapi saat melihat tangan gue bebas, dan di depan gue ga ada jeruji, gue jadi berpikir ulang

maalah gue ga seberapa, dan most of all, i have my freedom. Saat ini juga gue bisa memutuskan sesuatu yang penting dalam hidup gue. Ya, di tiap keputusan yang gue ambil, pasti ada konsekuensinya. Tapi seenggaknya, gue masih punya kebebasan untuk memilih.

Mungkin gue hanya perlu sedikit bersyukur dan melihat lebih banyak lagi mobil tahanan lewat

Leave a Reply

