Becoming Jane (reality) v.s. chicklit (fiction)

Well, sebenernya kurang tepat kalo gue membandingkan satu judul spesifik dengan satu genre tulisan yg sangat umum. Dan becoming jane itu FILM, chicklit itu jenis TULISAN (short for chick literature) .Mungkin seharusnya judulnya:

Becoming Jane (reality) v.s. Pride and Prejudice (fiction)

Tapi gue (rasanya) udah pernah ngebahas tentang Pride and Prejudice di blog ini (tahun lalu deh, kayaknya) so, gue ga akan ngebahas itu lagi. Lagian, memang pertentangan di hati gue (aduh bahasanya) memang antara ‘becoming jane’ yang mewakili realitas kehidupan sebenarnya dan chicklit, yang mewakili segala fiksi dan komedi romantis (maupun film atua buku) di muka bumi ini.

*nulisnya chiclit atau chicklit sih? either way, you know what I mean*

Jadi, EHEM

Pada malam minggu kemaren Sabtu, 5 Juni 2010, gue menonton Becoming Jane untuk kelima kalinya dalam hidup gue. Namun sangat disayangkan, bokap gue dateng tepat saat salah satu bagian yang paling gue suka. Bagian abis ball di rumahnya wisley, terus Jane nangis dipinggir kolam, dan Tom Lefroy mendatanginya. They kissed and Tom said (tentu saja gue ga tau muka Tom Lefroy yang asli, di situ diperankan James McAvoy yang amat sangat ganteng itu),”I have no money, no prospects, but Jane, you know… I’m Yours. Gah! Im yours Im yours”.

Oke gue mulai senyum-senyum sendiri mengingat scence itu.

Akhirnya malam minggu tidak berakhir dengan tangisan sedih gue akibat nonton film tersebut, tapi berakhir dengan tragis: kecapean nyuci piring.

Minggu malam, besoknya, gue mencoba menonton film itu lagi. Kali ini bokap gue lagi pergi ke luar dan gue nonton di komputer, di lantai atas, jadi kalaupun bokap gue dateng di saat-saat yang tidak tepat, well, gue gak perlu mematikan filmnya lagi. Dan kali ini, gue nonton dari awal sampe abis, bahkan gue memperhatikan setiap percakapan as I hadn’t watched it before. Tentu saja, gue banjir air mata, bahkan sampe credit title udah beres. Padahal gue udah apal alur ceritanya. Cuman tetep aja ada sesuatu yang bikin gue sedih. Setelah gue analisis, gue membuat kesimpulan tentang ‘sesuatu’ itu. I tell you, guys, this film tells reality. It did happen in the past, Jane (Austen) was real, so was Tom Lefroy. Their love was real. And it burried deep down inside their hearts.

Gue ga bilang ya kalo tiap scence-nya tepat seperti kejadian sebenarnya, I didnt read Jane’s journal myself. Cuman ceritanya itu BENERAN TERJADI hei! Kalo lo belum pernah nonton, well, move your ass and go to DVD store right now, so you’ll understand what I mean here.

Jane was insisted to marry a guy (wisley) only for his fortune, for what he’d inherit from his auntie (lady grasham). But, unlike other girls in that time, Jane believed that marriage should be based on affection. She wouldn’t marry without that. And came Tom Lefroy, nephew of Jane’s neighbour and Henry’s (Jane’s bro) friend, from London. He lived in London with his Uncle who was a judge in a court, he studied law there with a hope that one day his unmarried uncle would inherit his property. He (tom, not his uncle) came from Limerick, Ireland where he had his parents and brothers and sisters (the film didnt tell me how many he had) lived depend on his uncle kindness.

Like other love stories (but this one was REAL), at first Jane hated tom so much because he thought that Jane’s writing was… well, not good. But as time went by, Jane knew what kind of person Tom had been, he was not as bad as she thought before. And the next thing she knew that she’d fallen for him.

Well, problems came and when it’d been solved, came another one. When I thought it would be a happy-ending love story but I found out I ‘d been totally wrong. Jane never married Tom. Jane never married ANYONE, though, because her heart was only for Tom. I think she was very logical when logic was something you’d rarely find in girls’ mind in that era.

WOOOOI, SEDIH BANGETLAH.

Sekali lagi, ITU BENERAN TERJADI. BENERAN, WOI, BUKAN CERITA SEDIH YANG SENGAJA DIBUAT SEDIH. Kalo cerita sedih tapi fiksi, ya gak akan sedih-sedih amat ya kan? Seenggaknya lo tau kalo cerita itu boongan. Lo tau semua itu cuman karangan (contohnya itu film Atonement, yes, another James McAvoy’s film. Emang sedih, miris, bikin emosi, tapi gue ga sesedih waktu nonton becoming jane, karena gue tau ceritanya rekaan).

Oke, mari sekarang kita bandingkan dengan Chicklit

Sejak 3 tahun yang lalu, gue pembaca setia chicklit dan telah membaca puluhan buku ber-genre itu. None of them ended sadly. Happily ever after. Bahkan yang paling sedih sekalipun (P.S. I love you danĀ At rainbows end, kalo ga salah, penulisnya dua-duanya Cecilia Ahern) berakhir bahagia. Walaupun di ‘At rainbows end’ it takes 50 years to find the happiness. Tapi tetep aja kan akhirnya bahagia.

Setelah gue pikir-pikir, sebenernya bahaya juga gue terlalu banyak membaca buku kayak gini. Bisa jadi memengaruhi kondisi psikologis gue sebagai remaja. Bisa jadi segala khayalan gue tentang kehidupan cinta gue di masa depan (yang kadang sangat ga realistis) itu semua gara-gara gue kebanyakan baca chicklit. Dan juga nonton film komedi romantis. Hollywood, you cause this!

ARGH, dan waktu SMP gue kebanyakan baca teenlit.

Ga heran kenapa gue jadi kayak gini. Dont blame my mom, blame books I’ve read.

Gue sepertinya harus lebih banyak membaca buku Dan Brown (walaupun gue udah baca semuanya), Agatha Christie, dan Conan Doyle. Yang mistis dan sadis aja sekalian, daripada gue jadi orang yang terlalu banyak berkhayal.

eh, wait

kalo gitu gue harus gimana? masa gue berkhayalnya kisah percintaan gue bakal berakhir kayak kisahnya Jane Austen? Atau, no dreaming at all (dalam masalah cinta-cintaan gini)? atulah woi, atulah. Kalo kayak gini gue bakal jadi cewek paling skeptis dan lugas sedunia yang gak percaya sama kisah cinta romantis. Yang menganggap happy ending cuman ada di buku chicklit dan film komedi romantis.

Mungkin gue belum cukup dewasa untuk memahami hal-hal seperti ini, kali ya. Suatu saat gue (mungkin) akan bisa ‘menakar’ dengan proporsional: sebanyak apa gue boleh berkhayal dan sebanyak apa gue harus berpikir… hemm, realistis.

One response to “Becoming Jane (reality) v.s. chicklit (fiction)

Leave a Reply

