National Medical and General Biology Competition (NMGBC) FKUI 2010

DAN insiden asma

sebenernya “dan insiden asma” mau dijadiin judul juga, tapi kepanjangan ah, dan… welll, just save it for the last kick hehe

“Give me freedom, give me fire, give me reason, take me higher
See the champions, take the field now, you define us, make us feel proud
In the streets are, exaliftin , as we lose our inhibition,
Celebration its around us, every nation, all around us

Singin forever young, singin songs underneath that sun
Lets rejoice in the beautiful game.
And together at the end of the day.

WE ALL SAY

When I get older I will be stronger
They’ll call me freedom Just like a wavin’ flag
And then it goes back
And then it goes back
And then it goes back

When I get older I will be stronger
They’ll call me freedom
Just like a wavin’ flag
And then it goes back
And then it goes back
And then it goes

Oooooooooooooh woooooooooohh hohoho

Give you freedom, give you fire, give you reason, take you higher
See the champions, take the field now, you define us, make us feel proud
In the streets are, exaliftin, every loser in ambition,
Celebration, its around us, every nations, all around us

Singin forever young, singin songs underneath that sun
Lets rejoice in the beautiful game.
And together at the end of the day.

WE ALL SAY

When I get older, I will be stronger
They’ll call me freedom
Just like a wavin’ flag
And then it goes back
And then it goes back
And then it goes back

When I get older I will be stronger
They’ll call me freedom
Just like a wavin’ flag
And then it goes back
And then it goes back
And then it goes

Wooooooooo Ohohohoooooooo ! OOOoooooh Wooooooooo

WE ALL SAY !

When I get older I will be stronger
They’ll call me freedom
Just like a wavin’ flag
And then it goes back
And then it goes back
And then it goes back

When I get older I will be stronger
They’ll call me freedom
Just like a wavin’ flag
And then it goes back
And then it goes back
And then it goes

Wooo hooooo hohohohoooooo

And everybody will be singinit

Wooooooooo ohohohooooo

And we are all singinit”

Okay, gue tau kalian yang membaca ini pasti gak ngerti apa hubungannya Wavin’ Flag FIFA World Cup 2010 theme song sama perlombaan biologi. Tapi, kalo kata gue, “The Wavin Flag” adalah theme song perlombaan biologi kemaren. Lihat deh persamaannya (sepak bola sama perlombaan biologi). Sama-sama ada pemain (peserta), ada wasit (tim akademik dan juri), ada pemenang, ada yg kalah, dan tentu saja… sama-sama harus menjunjung sportivitas. See? There’s bunch of common things between them😉

Cukup dengan basa-basinya. Mari kita masuk ke inti cerita

Gue, seperti yang telah kalian ketahui, udah kelas 3 yang beberapa bulan terakhir sibuk UAN dll. Walaupun, yaa, gue udah dapet PMDK, tapi gue bukan tipe orang yang meremehkan UAN. Gue tetep belajar utk UAN seperti temen2 gue lainnya. Sejak bulan Februari, guru gue udah nawarin gue untuk ikut NMGBC FKUI lagi. Taun lalu gue udah pernah ikut, tapi semifinal aja ga masuk haha. Mungkin guru gue ngira gue masih penasaran pengen menang (aduh bahasanya), walaupun sebenernya gue lempeng, no ambition at all to be the winner. Pas guru gue bilang lombanya tanggal 24 april, gue hore2 aja. Soalnya dari kalender akademik kelas 3, tanggal segitu gue udah nyantai, UAS, Ujian Praktek udah beres semua. Tapi, sejak pembicaraan ringan saat itu, guru gue, Bu Kokom, tidak pernah nyebut2 lagi. Gue pikir pihak sekolah gak setuju karena gue udah kelas 3 (haha, terus kenapa juga kalo udah kelas 3). Jadinya gue fokus buat UAN lah ya. Setelah UAN beres, gue nyiapin ujian praktek (yang cuman seminggu, dan bahkan olahraga juga gak ada ujian prakteknya, aneeh :p), dan gue juga belajar buat UAS (sejarah, agama OR, Pkn). Gue pikir buat apa selama 3 tahun ini gue udah berusaha maksimal sampe nilai rapot gue bagus, tapi yang tertulis di ijazah itu nilai-sekadar-lulus? gue gak mau. Jadi tetep aja gue mempersiapkan semuanya, walaupun temen gue bilang gue gila.

Nah, seminggu pertama ‘libur’ (setelah UAN, UAS, Uprak beres) gue bersukacita lah. Gue mengkoordinir foto kelas, gue nyariin fotografernya. Pas gue lagi ‘sibuk berlibur’, guru SMP gue menghubungi gue. Katanya gue disuruh jadi pembicara di acara Kumpul Akselerasi (fyi, waktu SMP gue aksel) tanggal 24 April. Gue inget banget kok, gue ditawarin ikut NMGBC tanggal segitu. Tapi berhubung gak ada konfirmasi dari Bu Kokom lagi, ya gue terima aja tawarannya

HOLLYSHIT! sampe sekarang gue lupa gue belum bilang ke guru SMP gue itu kalo tanggal 24 akhirnya gue ikut lomba.

Ya sudahlah ya. Ntar kapan2 gue bilang (menenangkan diri).

Sehari setelah gue mengiyakan untuk jadi pembicara, Bu Kokom bilang kalo gue diperbolehkan ikut NMGBC sama Kepsek dan koordinator olimpiade. Tapi gue disuruh menghadap sang koordinator olimpiade. Sebenernya gue agak segan ketemu sama beliau. Gue udah takut Beliau bakal bilang gini,

“Krisna, kamu udah sering ikut lomba-lomba gini, sekolah udah ngeluarin duit banyak, tapi kamu gak pernah menang, paling banter masuk semifinal waktu lomba UNPAD november lalu”

Deg2an banget gue kalo emang kayak gitu. Ya gue gak bisa janjiin apa2. Gue gak ngeremehin anak2 yang ikut NMGBC lah. Gak mungkin juga kan kalo yang ikut itu yang bego?

Hari Jumat, 16 April, gue ada janji ketemu sama fotografer untuk fotokelas (Sabtu besoknya gue fotokelas), sekalian menghadap koordinator olimpiade. Dan meminjam buku Human Physiology Sheerwood (nulisnya gini bukan sih?) punya guru gue. Well, ternyata gak seperti yang gue bayangkan. Beliau cuman bilang gini,

“Kris, Bapak sama Pak Firdaus (kepsek) tidak apa-apa kalau kamu ikut lomba. Cuman (gue udah deg2an pas Beliau bilang ‘cuman’) Bapak mah takutnya kamu udah suntuk belajar. Soalnya Bapak liat kamu buat UAN aja belajarna serius banget (dalam hati gue menjawab,”iyalah, pa, saya kan pingin langsung lulus, gak mau remed2 segala). Kalo Bapak jadi kamu Bapak pasti udah muak buat buka-buka buku lagi. Jadi kamu yakin mau ikut?”

Dan beberapa petuah bahwa gue harus jadi contoh anak2 kelas 2 yang ikut lomba bareng gue. Contoh apa? Manner? Berarti gue bukan contoh yang baik. Tapi gue menangkap 1 hal disana: Sekolah ngebolehin gue ikut, tapi memberikan gue peringatan bahwa gue ke sana bukan buat piknik, jadi harus ada persiapan juga. Gue tau gue tau *sigh

Masalahnya

Hari Jumat itu gue udah janji nginep di rumah temen (Malika) buat nemenin dia pengumuman UGM. Sabtu gue foto kelas. Minggu pasti bokap gue dateng dan ngajak jalan2. Jadi, gue efektif belajar cuma EMPAT HARI (Jumat berangkat ke Jakarta, gak mungkin belajar lagi). Tapi disela-sela kesibukan gue (berasa artis hahaha), gue berhasil menyelesaikan buku ESIS kelas 2 hari Selasa siang (gue baca doang, gak gue apalin. gila kalo gue ngapalin). Gue lanjut belajar kisi2 MCQ 2 (yang segubrak itu, padahal 1 materi cuman ditanya 8 soal aja). Tapi gue PD banget buat materi P2K2 (gue tau materi itu materi semester 1 tingkat 1 anak FK yang udah pake KURFAK 2005). Soalnya waktu lomba di FK UNPAD, gue dapet workshop P2K2, lengkap dengan boneka buat RJP (boleh nyoba 1-1 lagi hihi), cara ngebuat balutan patah tulang (yang kayak donat itu), teknik mindahin tubuh korban (favorit gue yang pake baju haha), tensi juga ada.

Cuman…. hari Kamis, semangat belajar gue melorot parah. Gue malah ke warnet. Dan ngutang. Dan belum gue bayar sampe detik ini. Kerjaan gue cuman ngeliatin GAMBAR (gambarnya aja lho) buku Human Physiology Sheerwood (walaupun hari rabunya gue udah sempet baca beberapa bab).

Skip Jumat yah, wordcount-nya udah 1225, dan gue bahkan belum nyeritain NMGBC-nya.

Hari Sabtu, setelah malamnya gue mimpi indah (melibatkan seseorang yang telah gue keceng sejak lama… well, gak penting), gue siap untuk mengerjakan 200 soal biologi dan bio medical hari itu. Ohya, sebenernya deg2an gue gak cuman gara2 NMGBC doang, gue juga deg-degaan gara2 hari Seninnya pengumuman UAN. Jadi beban gue berlipat-lipat lah. Waktu hari Jumatnya gue ngeliat gedung FKUI, gue langsung lemes, karena..

1. Besok gue lomba disini, men

2. Agustus gue kuliah disini… Kalo Senin gue dinyatakan lulus.

Ketika gue ngerjain MCQ 1, gue pikir ini MCQ 1 lebih parah daripada MCQ 1 taun lalu. Taun lalu gue kelas 2 dan bisa ngerjain 60 soal. Taun ini gue kelas 3 dan bisa ngerjain 60 soal kurang. Akhirnya dengan modal nekad, gue mengisi hingga 75 soal. Setelah lomba, ada seminar tuh. Gue gak mencerna sedikit pun apa yang dikatakan pembicara. Bukan karena tegang sih. Karena gue sibuk twitteran hahahaha. Ohya, gue tuh sebenernya pengen banget beli buku Human Physiology kayak punyanya Bu Kokom. Dan Bu Kokom belinya taun lalu di NMGBC 2009, cuman 125rb. Gue udah nyiapin 250rb (tapi ternyata harganya 340rb, gue kecewa banget laaah ga bisa dapet bukunya hiks😥 )

Pas dikasih tau peringkat sementara MCQ 1, gue shock

Gue peringkat 18 dari 200 (49 bener 26 salah hahahahaha). Parah. Persiapan gue cuman 4 hari gitu. Itu juga hari Kamis udah tersiksa banget karena bosen duduk2 terus di kamar. Gara2 peringkat gue yang lumayan, gue jadi optimis ngerjain MCQ 2. Bukan hanya optimis, tapi juga semakin nekad! Gue ngisi pake logika aja, gue gak begitu apal istilah2 kedokteran berbagai hal. Tapi gue justru lebih seneng soal yang kayak MCQ 2. MCQ 1 itu lu harus apal saklek kalo engga lu gak akan bisa jawab. MCQ 2 lebih menggunakan logika daripada apalan. Gue ngisi emang lebih dikit dari MCQ 1 (57 soal dari 100), tapi perasaan gue lebih enak aja setelah ngerjain MCQ 2.

Pada malam hari (malam minggu)…

Seharusnya, gue belajar, mempersiapkan diri kalau-kalau gue masuk semifinal. Tapi, gue malah pergi ke indomart, nyari makan, DENGAN seragam lengkap. Sampe kamar hotel, gue mandi, dan… menonton OVJ! No studying at all! Trs gue update twitter sampe jam 10-an (karena ada berbagai gosip mengenai kelulusan sekolah gue, dan gue gak mau ketinggalan gosip). Dan gue tidur dengan perasaan was-was karena hari Senin pengumuman kelulusan (bukan karena besok ada lomba)

Minggu pagi, di ruang kuliah Anatomi (ruang kuliah gue nanti >,<), gue gak gentar melihat peserta lain belajar. Seperti biasa gue cuman update twitter, sambil dengerin musik.

Dan kemudian terdengar lagu itu. Lagu FIFA World Cup 2010. Sejak lama gue udah suka sama lagu itu (denger di iklan coca-cola). Judulnya wavin’ flag (gue baru tau pagi ini hahahahaha). The Wavin Flag, ngebuat gue bersemangat dan memiliki secercah harapan (lebay). Satu persatu nomer peserta ditampilkan di slide PP. And there was it. My number: 126! Dengan berseri2 gue mengikuti kakak panitia keluar ruangan. Di sana sudah berkumpul peserta lain yang nomernya ditampilin duluan. Mereka semua sibuk membaca berbagai buku atau mendiskusikan biologi.

Errr… Buku-buku gue udah gue taro di koper, dan kopernya ada di mobil

Ternyata Citra juga lolos semifinal! Omong-omong soal Citra. Sepertinya ada kakak panitia yang ngecengin dia. Soalnya berkali-kali kakak itu memotret Citra, terus (pas siangnya), dia kayak yang ngekorin gue sama Citra terus. Bu Kokom juga bilang bahwa kakak panitia dengan ciri-ciri yang sama, berkali-kali melirik ke arah Citra. Lucu aja, Citranya sendiri gak sadar, malah gue dan Bu Kokom yang nyadar dan sibuk ngegosip.

Soal semifinal sebenernya gak sesusah MCQ2. Tapi… Semifinal itu isian. Jadi intinya gue harus apal. Kalo gak apal ya udah aja. Mati. Walaupu gitu, sekali lagi, gue ngejawab soalnya lebih pake logika. Tapi yang jelas gue isi semua. Ada yang blank banget (soalnya juga gak ngerti gitu), tetep we gue isi. Gue pikir, hampir nihil kesempatan gue untuk masuk final, gue rasa soal2 yang gampang pasti semua orang yang masuk semifinal juga bisa. Gue ngerjain tanpa beban dan tanpa ngerasa kecewa kalau ternyata jawaban gue salah. Ya udah dikumpulin juga ngapain gue pikirin lagi.

Waktu ‘touring’ Museum Patologi Anatomi, kakak yang ngejelasin ke gue bernama Caroline (Olin). Gue inget, Kak Olin ini taun lalu jadi MC. Gue nge-fans banget sama Kak Olin. Pinter bangeett. Apal semuanya! Terus ngejelasin preparat juga jelas banget. Gue pingin nanti kalo udah jadi mahasiswi FK kayak Kak Olin juga *sigh*.

And here came the announcement about who are the big 5! Si Teuku, salah satu anak kls 2 yang ikut lomba bilang feeling dia gue masuk final. Gue gak percaya aja. Masa masuk final pake feeling2an.

Pertama disebutkan nama PATRICIA (eh bener kan nulisnya gini?)

Kedua disebutkan MADE ANANDA KRISNA

Gue sampe bingung dan,”WAIT, ini kan nama gue!” Parah banget. Lu pikir gue ngapain malem sebelumnya sampe bisa masuk final. Begadang belajar?? Begadangnya bener, tapi gue begadang twitteran! Gue sampe shock. Gila. Gue pikir gila. Parah banget gitu, 5 besarr!

Okay, babak final. Terdiri dari 2 sesi. Cepat tepat dan presentasi kasus. Cepat tepat ada pertanyaan bergilir. Gue sukses pertanyaan bergilir. Dari dulu kalo lomba cepat tepat, gue selalu sukses pertanyaan bergilir. Tapi jangan tanya kalo udah pertanyaan rebutan. Kayak gini contohnya;

Pertanyaan pertama, waktu dibacain pertanyaannya, gue udah tau jawabannya PCR, tapi gue pikir tunggu aja ampe pertanyaan selesai dibacain.

Dan Patricia memencet bel sebelum pertanyaan beres dan menjawab PCR. “BETUL” kata juri sambil mengacungkan jempol. Gue melongo.

Atau pas tentang folat. Gue udah ada feeling ini jawabannya folat, but i didnt take any risk. Pas soal beres dibacain, gue kalah cepet sama Anita. And riiiight, the answer was folat. Gue melongo.

Pas aja gue dapet kesempatan ngejawab, jawaban gue salah karena:1. gue salah denger (yang ditanya pewarnanya, gue jawab bakteri yang diwarnainnya) 2. gue refleks ngejawab, tapi jawabannya salah (ditanya frekuensi PERNAPASAN orang dewasa normal, gue jawab frekuensi DENYUT JANTUNG dewasa normal. itu refleks banget, involunteer!). Tapi at least gue jawab 1 soal bener tentang itungan persen. Doing math quickly is actually my speciality. Plus, untung aja gak ada insiden Xenon kayak waktu NOMS FK UGM. Well, tetep aja sekarang ada insiden juga…

Dan inilah INSIDEN ASMA yang gue tunggu dari tadi untuk ditulis

Buat presentasi kasus, gue dapet giliran ke empat. Kasus pemicunya sederhana. Ada 2 pertanyaan yang wajib dijawab. Pilih 1 atau 6 sama 4 atau 7. Di antara nomer 1 dan 6, gue memang lebih bisa nomer 1. Di antara 4 sama 7… Gue gak yakin dua-duanya. Tapi akhirnya gue pilih yang nomer 7, tentang asma. Oke, kris, gue ngomong ke diri sendiri, lo pasti bisa jawab tentang asma (walaupun gue lupa sama sekali mekanisme sistem pernapasan pada orang asma). Gue sering mendengar nyokap gue berceloteh tentang asmanya. tentang PEMBULUH DARAH yang menyempit. Dan tangan gue menuliskan itu semua di kertas transparasi (ditambah bumbu ini-itu yang gue karang sendiri)

Waktu gue ngejelasin tentang histologi tulang, gue ngeliat wajah para juri dan ekspresi beliau-beliau datar saja. pas gue ngejelasin tentang ASMA, juri tersebut ada yang melongo dan ada yang menggeleng-gelengkan kepala. Damn it, gue pasti ada yang salah.

Dan begitu sesi tanya-jawab, jelas saja ada salah seorang juri yang bertanya,

“saya cuman mau mengklarifikasi saja. mungkin kamu nervous atau apa. maksud kamu bener, asma itu karena pembuluh darah pernapasan yang menyempit?”

Mati gue. Saat itu otak gue beku. Kreativitas gue berhenti dan gue bahkan gatau gue harus ngarang apalagi. gue jawab dengan ragu2

“iya, setahu saya gitu”. Memang setau gue gitu. Nyokap gue apoteker, gue pasti bisa percaya tentang asma dari Beliau kan?

Juri tersebut bertanya lagi,

“Bener, maksudnya pembuluh darah?” Beliau bahkan memberikan tekanan pada kata pembuluh darah

“Iya,” jawab gue. Dan beliau menuliskan sesuatu di kertas penilaian.

Gue menjawab dengan cukup baik pertanyaan mengenai tulang. Ketika berakhir sesi tanya jawab dan gue kembali ke tempat duduk. Gue tiba2 sadar. HELOOO, KRIS, MANA ADA PEMBULUH DARAH PERNAPASAN?? Otak gue kembali bekerja. Mungkin maksud nyokap gue pembuluh PERNAPASAN, atau dalam istilah biologinya bronkiolus. Teuku, yang duduk di sebelah gue bilang,

“Kris, bukannya asma tuh kaitannya sama bronkus-bronkiolus ya?”

Ya ampun. I was a joke back then. Juri2 tersebut adalah Dosen FKUI tingkat 1-3. Dan gue Agustus nanti kuliah di FKUI. Astaga, gue pasti nanti dijuluki “di asma”, atau “si pembuluh darah”. atau “si bego”. Gue milih dipanggil “si bego” aja deh. Buset lah, first impression gue parah banget. parah. Sampe rasanya gue pingin face off (gue berencana ganti frame kacamata dan warnanya, seriously).

Pingin rasanya gue nyium tangan juri2 itu satu-satu dan ngomong,

“Dok, saya tau saya bego karena masalah asma-pembuluh darah itu. Tapi jangan jadikan ini seperti majas pars prototo, majas ‘sebagian untuk semua’. Sebenernya saya gak bego-bego amat kok. Maafkan ke-bego-an saya ya, Dok”

ehem, well, anyway, Senin kemaren gue dapet surat kelulusan: GUE LULUS! (walaupun gue gak tau nilainya brapa).  Oh ya, I really enjoyed three days of NMGBC FKUI 2010. Gue bener2 ngerasa bahagia walaupun gue melakukan kebegoan di hadapan seluruh calon kakak kelas gue, dan calon dosen gue. Gue seneng banget karena kakak2 panitia membuat acara NMGCB sangat menyenangkan. Dan karena semuanya tepat waktu.

Mulai Agustus nanti, saya mohon bimbingannya, kak (untuk kakak2 panitia) dan saya juga mohon bimbingannya, dok (untuk para juri terhormat yang nantinya akan menjadi dosen saya).

see you, All!

14 responses to “National Medical and General Biology Competition (NMGBC) FKUI 2010

  1. hahaha kris dicirian siah lu nanti di FK. gak apa-apalah, masuk 5 besar gitu… bravo bravo!

    eh wavin flag teh afrika banget ya musiknya, gue juga suka hihihi

  2. Pingback: Tweets that mention National Medical and General Biology Competition (NMGBC) FKUI 2010 « Ananda Krisna’s Blog -- Topsy.com

  3. Areta: gue kan udah bilang mau face off

    adam: hai! ya ampun. maaf ya udah ngecewain (tentang asma terutama hahahaha, ga pernah berhenti ketawa kalo inget kejadian sangat memalukan itu). ah ga usah panggil kakak. saya masih muda, kelahiran oktober 1993.
    SMANU MHT itu thamrin ya maksudnya?

  4. hai krisnaa..aku nemu blogmu pas iseng googling hehe
    selamat ya soal NMGBCnya masuk final:)

    masi inget aku ga?
    kamu NMGBC taun lalu ikut kan?
    nah, thun 2009 aku juga ikut, dan alhamdulillah juara2.

    dan aku,sama kayak kamu, nanti bakal kuliah FKUI juga, PMDK alias PPKB

    soal asma2 itu, ga usah malu kali.
    gini, kan kemaren pas finalmu itu (NMGBC 2010) aku nonton, dan aku mencoba eksis dengan jawab2 pertanyaan panitianya buat peserta, sembari menunggu kalian peserta final nyiapin materi presentasi
    nah…begonya, aku jawab 3 kali, yang bener cuman sekali, tentang sindrom turner kariotipenya apa
    yang lainnya (komposisi dinding sel E coli dan saraf kranial) aku salah semua.
    malu2in banget. padahal udah pede maju

    hehe. aku digodai sama temen2ku yang juga nonton, “mut, nanti kalo lo OSPEK dikerjain lo sama kakak2nya, soalnya lo sotoy pas NMGBC”

    waduh aku jadi ngeri dibilang gitu

    yak yang jelas, nanti kita bakal sekolah bareng di FKUI:) dan kalo dikerjain, dikerjain bareng2 juga
    hehe

    maaf ya terdengar sok akrab.
    tapi aku ngrasa kita pernah kenalan.
    kamu ikut Kompetisi MIPA di SMAN 2 Tngerang 2009 ga?
    kayaknya kita kenalan pas itu deh

    nanti aku coba add facebook kalo ada ya:)

    see ya at FKUI!

  5. Hai, Muthia!
    wahaha, kita senasib. masalahnya kamu diciriin sama kakak2 kelasnya, aku diciriin sama kakak2 kelas DAN dosen2nya (setelah aku usut, keempat dosen itu memang bakal ngajar kita nantinya o.O)
    Iya, aku ikut yg NMGBC 2009, tapi masuk semifinal juga engga hahahaha. Kenapa kamu ga ikut yg 2010 lagi? kan udah nyantai gitu, UAN beres, kuliah udah dapet :))
    Aku engga ikut yg kompetisi MIPA SMAN2 Tangerang ko, mut. Tapi santai sajalah, senang bisa punya temen baru hihi.
    Kita ketemu pas daftar ulang di depok ya! Gak sabar nih, soalnya aku belum pernah liat UI depok sama sekali :p
    udah aku approve friend requestnya tuh😉

  6. Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, iwspo.net

  7. wah ka krisna jago banget bisa sampe final..
    (meskipun lombanya udah lewat lama banget tp aku baru liat blog kk ini hehehe)
    plus ditrima ppkb fkui lagi.. wuah..
    itu kak, kalo mo coba ppkb fkui, persyaratan khususnya kayak apa aja sih?
    thx y ka, btw congratz udah mo jadi mahasiswi UI nih.. hehehe

  8. kak, mau nanya dong. kalo mau masuk FKUI lewat jalur PPKB tu syaratnya apa aja ya? kalo ga pernah menang lomba apa2 pas SMA gimana ya?

    • audrey: ga ada syarat apa-apa sih, ya, sekolah kan dapet formulir PPKB dari UI, nanti sekolah menyeleksi siapa2 aja yang berhak dapet formulir itu. Dari UI-nya sendiri ga ada syarat tertentu, kamu tgl masukin nilai dan ya piagam2 keikutsertaan apaa gitu. Ya gak apa2 kalii, saya juga waktu daftar itu piagam paling bagus tulisannya “semifinal” sisanya “peserta” hahaha. optimis aja😉

Leave a Reply

